Jumat, 23 Desember 2016

Pesona Rumah Tradisional dengan Sentuhan Kekinian

Bosan dengan konsep rumah yang biasa-biasa saja? Mungkin sejenak, Anda perlu berkaca pada konsep perumahan tradisional yang dipoles dengan gaya kekinian. Konsep ini sulit Anda temukan karena tidak banyak pengembang properti yang bersedia menerapkannya. Tapi, dengan bantuan teknologi internet, Anda bisa mencari model rumah dari berbagai daerah, bahkan Anda bisa membeli rumah melalui agen properti yang jual rumah di Medan atau kota lainnya.
contoh rumah tradisional yang dijual di rumahdijual.com
Rumah modern bergaya tradisional memiliki nilai estetis yang tinggi. Sumber inspirasinya bisa diambil dari konsep rumah-rumah adat yang ada di Indonesia, kemudian dipadukan dengan gaya rumah masa kini. Adanya karya tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu upaya melestarikan kebudayaan Indonesia. Berikut ini beberapa contoh rumah bergaya tradisional yang telah mendapatkan sentuhan modern.

❖    Karisma Rumah Modern Bergaya Joglo
Suku Jawa merupakan salah satu suku mayoritas yang hidup di Indonesia. Mereka memiliki rumah adat yang dinamakan joglo. Ciri khas rumah joglo yaitu atapnya yang menyerupai piramida. Rumah ini memiliki banyak filosofi, misalnya kalau bentuk bangunannya (joglo) memanjang dan tinggi, artinya muda. Inilah yang membuat rumah joglo terlihat berkarisma.
Rumah joglo yang dibalut dengan konsep modern, mengalami beberapa perubahan bentuk, kecuali atapnya. Perubahan tersebut meliputi bahan pembuat rumah, desain, dan jumlah jendelanya. Rumah joglo tradisional biasanya terbuat dari bahan dasar kayu, sedangkan dalam rancangan modern, bahannya lebih bervariasi. Begitu juga dengan jendela yang jumlahnya lebih banyak sehingga sirkulasi udaranya semakin lancar.
Ingin memiliki rumah bergaya tradisional seperti ini? Anda bisa menemukan rumah dijual Jogja yang menawarkan rumah berkonsep joglo.

❖    Kemegahan Rumah Adat Bali dalam Genggaman Dunia Modern

Bali merupakan pulau di Indonesia yang memiliki magnet keindahan bak surga. Keindahan itu tidak hanya dari alamnya, tetapi juga dari budayanya. Tidak heran, banyak arsitek yang mengadopsi konsep rumah adat Bali untuk memodifikasi perumahan modern.
Rumah adat Bali identik dengan simbol ritual, patung, lukisan, dan pahatan. Dalam sentuhan desain modern, rumah adat Bali disulap menjadi lebih elegan. Tidak ada pahatan atau motif di dinding rumah modern bergaya Bali. Tapi, di dalamnya tetap ada ornamen seni dan perabotan khas Bali, seperti lukisan, ukiran Dewa Wisnu, dan perabotan berbahan dasar kayu jati. Selain itu, adanya penambahan taman yang hijau di halaman depan membuat rumah modern bergaya Bali terlihat lebih megah.

❖    Meriahnya Warna di Rumah Modern Khas Betawi
Pernah melihat rumah adat Betawi? Rumah adat Betawi memiliki atap rumah yang melebar. Rumah ini identik dengan pagar di teras rumahnya. Desain rumah Betawi yang khas, rupanya menarik perhatian para arsitek. Mereka mengembangkannya menjadi rumah modern.
Konsep bangunannya telah mengalami inovasi, salah satunya dari sisi pengecatan. Rumah Betawi modern dipoles dengan cat aneka warna. Tapi, konsep pagar dan atap tetap digunakan untuk menumbuhkan kesan tradisional. Uniknya lagi, ada rumah Betawi modern yang dibangun bertingkat sehingga terlihat lebih bervariasi.

❖    Pesona Atap Bertumpuk dalam Konsep Rumah Modern Etnik Sunda
Rumah etnik Sunda berbentuk rumah panggung. Salah satu suku di Jawa Barat ini menamakannya jolopong. Atap rumahnya menumpuk dan tinggi. Terdapat tangga kecil di bagian teras rumah. Rumah dibuat dari bahan bambu dan kayu sehingga didominasi warna kecokelatan.
Desain rumah etnik Sunda ini sering dijadikan sumber inspirasi konsep hunian modern. Rumah modern bergaya Sunda dibuat dari bahan bangunan pada umumnya, seperti batu-bata merah, semen, dan batako. Tapi, pada dasarnya memiliki konsep yang sama, misalnya teras dibuat melebar di sepanjang rumah dan memiliki pintu samping. Rancangan tangga juga dibangun mirip seperti rumah adat aslinya. Dari kejauhan, rumah modern bergaya Sunda ini mirip istana kecil karena mempertahankan desain atap yang menumpuk dan tinggi.

❖    Uniknya Rumah Gadang Versi Modern
Keunikan rumah Gadang terletak bentuk atap yang menyerupai tanduk kerbau. Anda dapat menemukan banyak rumah gadang modern di Pulau Sumatera. Rumah ini memiliki bangunan yang kokoh sehingga tahan terhadap guncangan apa pun, termasuk gempa. Rumah Gadang dibangun terpisah menjadi beberapa bangunan. Bangunan-bangunan tersebut difungsikan untuk kamar dan dapur.
Kini, rumah Gadang telah mengalami pemugaran sehingga tidak lagi menggunakan bahan bangunan tradisional. Lewat sentuhan modern, atap rumah Gadang kerap dikombinasikan dengan rumah masa kini.

❖    Menundukkan Kepala di Rumah Modern Etnik Batak
Apa jadinya kalau Anda masuk ke dalam sebuah rumah dengan menundukkan kepala? Mungkin, ini akan Anda rasakan ketika memasuki rumah adat etnik Batak. Pintu rumahnya dibangun lebih rendah sehingga orang yang masuk ke dalamnya harus membungkuk. Hal ini menyimbolkan kerendahan hati dan penghormatan terhadap orang lain. Atap rumahnya tinggi, besar, dan menyerupai tanduk di bagian ujungnya.
Bagaimana kalau rumah ini dikemas dalam konsep modern? Tentu tidak mudah, karena dari arsitektur bangunannya tergolong rumit. Beberapa orang berusaha memodifikasi bentuk atapnya dengan bangunan rumah kekinian. Hasilnya, rumah tersebut memiliki desain interior yang luas dengan tampilan eksterior khas rumah adat Batak.
Itulah beberapa contoh rumah modern yang mengadopsi gaya rumah tradisional. Sekarang, Anda yang menentukan, manakah model rumah yang paling sesuai dengan kepribadian Anda.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.