Kamis, 29 September 2016

Macam – Macam Pipa Air Dan Kegunaannya

Macam – Macam Pipa Air Dan Kegunaannya
Macam – Macam Pipa Air Dan Kegunaannya
Pipa sudah menjadi kebutuhan primer khusunya pada pekerja kontruksi bangunan dan installasi gedung. Pipa adalah komponen yang dapat digunakan sebagai pengatur aliran air untuk didistribusikan ke titik – titik outlet yang dibutuhkan. Adapun macam - macam pipa yang dijual dipasaran diantaranya 

1. Pipa PVC
Pipa PVC atau kependekan dari Polyvinyl Chloride adalah pipa yang paling banyak digunakan baik di rumah maupun di gedung. Jenis pipa ini memiliki tingkat ketahanan yang sangat baik. Selain itu pipa PVC juga terkenal kuat tetapi sangat ringan sehingga mudah di installasi. Harga jual pipa pvc ini pun relatif lebih murah bila dibandingkan dengan pipa besi. Meskipun harga jual pipa PVC murah, kekuatan pipa pvc serta ketahananya dari pengaruh luar tidak dapat diragukan. 

Penyambungan pipa PVC biasanya menggunakan lem PVC. Namun tak sedikit yang menggunakan drat untuk melakukan sambungan pipa. Sedangkan untuk penyambungan dengan material non PVC disarankan untuk mengunakan shock drat yang dengan bantuan sealtape yang kemudian disambungkan ke material non PVC. Misalnya Galvanis, besi. 

2. Pipa CPVC
Pipa CPVC adalah singkatan dari Chlorinated Polyvinyl Chloride. Pipa jenis ini memiliki ketahanan suhu hingga 180 derajat. Ketahanan ini tentu dipengaruhi oleh ketebalan pipa. Untuk installasi air panas dan dingin. Tentu harganya jauh lebih mahal bila dibandingkan harga jual pipa PVC. Namun Namun pipa CPVC adalah pilihan yang tepat. Karena pipa ini meiliki range ketahanan terhadap suhu yang sangat baik. 

3.Pipa PEX
Pipa PEX atau Cross-linked Polye Ethylene adalah jenis pipa yang mirip seperti CPVC memiliki ketahanan suhu yang sangat baik. Tak hanya air dingin, pipa ini juga mampu menahan aliran air panas.  Harganya yang kompetitif membuat pipa jenis ini menjadi bahan yang wajib dipertimbangkan. 

4. Pipa Tembaga
Pipa tembaga adalah salah satu pipa yang jarang digunakan untuk installasi rumah. Biasanya hanya diaplikasikan pada institusi atau perusahaan – perusahaan besar saja. Karena harganya yang mahal. Pipa ini dapat dipasang di atas maupun di bawah tanah. Namun untuk pemasangan dibawah tanah pipa ini membutuhkan pengaman berupa lapisan di sepanjang pipa untuk mengamankan dari pengaruh keasaman tanah.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.