Rabu, 08 Maret 2017

Ketahui Tips Menghemat Daya Baterai Pada Handphone Android Anda Berikut Ini!

Ponsel pintar kini semakin merajalela di kalangan industri gadget. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk handphone yang melingkupi pasaran. Jika membicarakan ponsel pintar, maka tidak akan jauh-jauh dengan adanya sistem Android yang menjadi otak di balik kepandaian perangkat handphone tersebut. Handphone Android kini tersedia dengan berbagai merek kenamaan dunia yang tersebar luas di pasaran dengan harga yang termurah mulai dari ratusan ribu, hingga puluhan juta rupiah.

Salah satu kelebihan dari handphone Android adalah dimana pengguna bisa mengunduh beragam aplikasi yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Jutaan aplikasi dan games tersedia untuk bisa diunduh secara gratis maupun berbayar bagi penggunanya. Namun setiap pemilik ponsel pintar ini pasti juga sangat faham dan mengalami dimana baterai akan sangat cepat habis ketika bermain dengan ragam aplikasi tersebut. Konsumsi daya Android memang cenderung besar yang mengakibatkan daya baterai sangat cepat habis.
foto:bukalapak
Untuk mengatasi hal ini, maka Anda bisa menerapkan beberapa tips sederhana berikut ini demi menghemat baterai Anda:

1.    Mengalihkan koneksi
Sinyal 3G atau 4G yang ada pada ponsel Android Anda memang kerap mengalami ketidakstabilan sehingga membuat ponsel terus bekerja mencari sinyal terbaik, tentunya juga dengan menguras baterai. Agar daya baterai bisa lebih dihemat, Anda bisa mencoba dengan mengalihkan koneksinya jika Anda dalam area yang memiliki HotSpot. Matikan koneksi selullar Anda dan kemudian sambungkan dengan Wi-Fi yang tersedia dan biasanya ada di tempat seperti perpustakaan, kampus, kafe atau mall. Dengan begitu, daya baterai bisa dihemat.

2.    Mematikan Bluetooth dan Wi-Fi
Kedua hal ini biasanya banyak terlupakan oleh pengguna ponsel pintar dimana kerapkali tetap menyalakan Bluetooth atau Wi-Fi meskipun sedang tidak digunakan. Baterai akan cepat terkuras habis jika Anda menyalakan Wi-Fi dan Bluetooth terus menerus karena ponsel akan terus bekerja dan berusaha untuk menemukan sinyal dari Wi-Fi dan sambungan Bluetooth. Untuk itu jangan lupa matikan keduanya jika sudah tidak dipakai lagi.

3.    Matikan GPS
GPS kini sangat umum digunakan sebagai alat untuk menunjukkan jalan dan lokasi. Namun jika GPS terus menerus aktif, maka baterai pun akan sangat mudah untuk terkuras karena konsumsi daya untuk GPS memang cenderung cukup besar. Cukup hidupkan GPS ketika Anda memang membutuhkannya.

4.    Fitur Sync
Fitur Sync yang ada pada ponsel memang sangat membantu dalam mengetahui notifikasi langsung pada email, facebook dan aplikasi lain. Hal ini memang sangat dibutuhkan bagi pekerja perusahaan, pelaku bisnis dan lainnya. Namun jika Anda sedang dalam momen yang tidak membutuhkan hal ini seperti misalnya sedang liburan, maka matikan fitur ini karena sangat menyedot data dengan cepat yang mengakibatkan baterai cepat habis.

5.    Mengurangi tingkat kecerahan layar dan volume
Layar ponsel yang cerah dan mampu memunculkan ragam warna memang membuat mata nyaman, namun jangan terlalu cerah karena konsumsi dayanya juga bisa menjadi sangat boros. Cukup pakai tingkat kecerahan dan juga volume dalam tingkat yang wajar sehingga lebih hemat.

Kini sudah tersedia banyak sekali aplikasi penghemat baterai untuk handphone Android Anda yang bisa diunduh secara gratis. Dengan adanya aplikasi tersebut, maka pemakaian baterai bisa lebih dihemat karena aplikasi tersebut mampu memberitahukan kepada penggunanya kemana saja daya tersebut habis. Dengan begitu, konsumsi daya baterai lebih bisa terkontrol.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.